by

Keajaiban Alam Puncak Gunung Mahawu Tomohon

PERSONAINDONESIA.COM | Tomohon – Tomohon dikenal dengan perayaan tahunan Tomohon International Flower Festival yang cantik. Sepanjang tahun,Tomohon, Sulawesi Utara, selalu menyuguhkan kesejukan dan keindahan pemandangan pertemuan gunung dan laut dari puncak bukit-bukit. Petualangan di kota kecil ini akan berbuah pengalaman menikmati keindahan mengesankan. Petualangan bagi penikmat puncak dapat dimulai di kawah Gunung Mahawu saat matahari masih berada di ufuk timur. Dari Manado, perjalanan sejauh 29 kilometer dapat ditempuh dengan mobil atau sepeda motor hingga ke gerbang kawah dikawasan hutan produksi Rurukan, Kecamatan Tomohon Timur.

Dari gerbang kawah itu, rangkaian 200 anak tangga dengan pegangan di tengah memudahkan pendakian ke puncak gunung api strato ini. Jalan menanjak itu mungkin membuat napas terengah-engah, tetapi nyaris tak ada keringat karena udara yang sejuk dan pepo-honan rapat yang memberi keteduhan. Kegigihan menaklukkan tanjakan lereng akan diganjar pemandangan magis kawah di ketinggian 1.324 mdpl.

Hijau rerumputan di bibir kawah berangsur berganti dinding kawah abu-abu. Semakin turun ke dasar, rerumputan hilang berganti tanah vulkanik. Semburat hijau sulfur di dasar kawah Mahawu tampak seperti bubuk warna yang teraduk dengan abu-abu cerah tanah vulkanik. Setelah letusan pusat terakhir pada 1904, hanya kepulan asap belerang yang terlihat di kawah tersebut pada 1990. Sebelum kemudian mengering menjadi cekungan kosong saat ini.  Ada guratan huruf-huruf di dasar kawah.

Cahaya mentari dari timur menyinari Manado di balik kawah. Gedung dan Jembatan Soekarno yang ikonik tampak seperti miniatur. Pulau Manado tua yang bersebelahan dengan Pulau Bunaken di kejauhan dari puncak itu tampak seperti batu di permukaan air dangkal. Di sisi kiri, menjulang Gunung Lokon, menyambung dengan Gunung Empung dengan Kota Tomohon di kakinya.

Gunung Klabat di Minahasa Utara berikut perairan Kota Bitung ada di sisi kanan. Kawah Mahawu adalah teater raksasa yang menampilkan lukisan panorama surealis pertemuan gunung dan laut di kawasan itu. Untuk melihat lebih jelas keindahan ciptaan Ilahi itu, ada jalan setapak 1,5 km yangmelingkari bibir kawah. Tepat di seberang pos pengamatan pertama, pemandangan akan dipercantik oleh sebentuk puncak Gunung Soputan disisi barat, sementara Kota dan Danau Tondano tampak di sisi timur. Inilah puncak dunia yang memanjakan indera penglihatan kita./*red

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed