by

Waduk Jatiluhur Purwakarta Kini Berbenah Menjadi Destinasi Wisata

PERSONAINDONESIA.COM | Purwakarta – Waduk Jatiluhur di Purwakarta, Jawa Barat, kini siap bertransformasi menjadi destinasi wisata. Selain tetap menjadi sumber irigasi pertanian, pembangkit listrik, air minum, dan perikanan, waduk ini kini fokus mengembangkan pariwisata. Waduk Jatiluhur kini telah berusia lebih dari setengah abad, menjadi fungsi lingkungan dan menjadi sumber ekonomi.

Direktur Utama Perum JasaTirta (PJT) II, pengelola Jatiluhur, Saefudin Noer menuturkan, sepanjang tahun 2019, program konservasi dan optimalisasi pengelolaan air telah dilakukan oleh PJT II bekerja sama dengan warga dan pihak terkait. Kegiatan yang dilakukan diantaranya pembersihan sumber air mulai dari Situ Cisanti, pembersihan dari eceng gondok, waduk, bendung, dan saluran sepanjang Sungai Citarum. Kondisi waduk yang bersih bermanfaat bagi keberlanjutan ekosistem air dan dapat dimanfaatkan untuk pergelaran acara. Dengan demikian, berbagai manfaat Jatiluhur dapat dirasakan dalam multidimensi.

Waduk Jatiluhur masuk dalam rencana pengembangan wisata 2020 oleh Pemerintah Provinsi Jabar. Pada tahun ini Pemprov Jabar bersama PJT II dan Pemerintah Kabupaten Purwakarta bersinergi untuk mengoptimalkan wisata di kawasan Waduk Jatiluhur. Pada Agustus 2019 lalu, Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengunjungi sejumlah lokasi rencana pembangunan tempat wisata baru di Jatiluhur. Pengembangan pariwisata akan dikebut selesai awal 2021. Ragam wahana baru akan dibangun untuk menyedot wisatawan.

Pemerintah berharap potensi pariwisata di Waduk Jatiluhursemakin dikembangkan agardapat meningkatkan perekonomian daerah./**

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed